Desain Toko Baju Mungil

Desain Interior Toko Baju Mungil

Assalamu’alaikum sobat desain griyaku. Berbeda dengan artikel sebelumnya. Kali desaingriyaku.com akan mengupas desain interior toko baju berukurann mungil. Interior toko baju ini menggunakan gaya minimalis.

Toko Baju Mungil ini berada pada lahan pengembangan rumah tinggal. Dengan lebar hanya 2,65 meter dan panjang 6,15 meter. Toko Baju mungil ini bukanlah toko dengan skala besar, melainkan toko baju berskala rumahan.

interior toko baju lebar 3 meter 3

Pada era perkembangan zaman, sistem jual beli online semakain berkembang. Penjual tidak harus lagi memajang jualannya di kios, melainkan dapat memajangnya di toko online. Namun untuk memudahkan pembeli, tempat jualan tetap harus ada. Konsep inilah yang saya mau terapkan pada desain toko baju mungil kali ini.

Barang dagangan yang banyak tidak memungkinkan untuk di pajang semua. Oleh karena itu dengan memanfaatkan toko online, barang dagangan yang banyak tetap dapat dilihat pengunjung. Pemilik toko dapat memajang barang yang terbaru di toko, sedangkan yang lainnya dapat disimpan digudang. Tetapi tetap dapat di pajang di toko online.

Elemen Desain Toko Baju Mungil

denah toko baju mungil

Warna

Pemilik toko menyukai warna hijau muda. Oleh karenanya warna hijau muda dominan pada toko baju mungil kali ini. Warna hijau muda termasuk kedalam warna cerah. Warna cerah sangat membantu di lahan sempit. Warana cerah mampu untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan segar.

Selain itu warna putih juga saya aplikasikan untuk menyimbangi warna hijau muda. Warna putih saya aplikasikan pada dinding, beberapa funitur dan lantai keramik. Warna putih akan memberikan suasan bersih dan rapih.

Tekstur

Pemilik rumah menginginkan agar perabot lama dapat digunakan lagi. Perabot tersebut terbuat dari kayu. Unsur kayu sangat kental dengan  kesan natural. Oleh sebab itu, saya gunakan tekstur kayu yang memanjang pada area display. Tekstur kayu tersebut bukanlah kayu asli melainkan HPL dengan motif kayu. 

Pada lahan yang sempit , bidang yang memanjang secara horizontal akan memberikan efek melebar. Hal ini saya aplikasikan pada are counter dengan membuat garis horizontal perpaduan warna hijau dan putih.

Agar toko baju dapat terlihat jelas oleh pengunjung, diperlukan terkstur kaca/transparan pada bidang dinding. Ini saya aplikasikan pada fasad depan toko. Mengunakan kusen alumnium dengan partisi kaca. Selian itu cermin juga dapat membantu membuat ruangan tampak lebih luas.

Pencahayaan

Disamping pencahayaan alami, toko baju sebaiknya mengunaakan permaian lampu. Permainan lampu ini dapat membuat kesan mewah dan elegan pada barang jualan yang tersoroti. Pencahayaan buatan juga mampu mengubah suasana ruang menjadi lebih hangat. Pada toko baju mungil kali ini saya gunakan lampu downlight yang menyorot ke bawah. Sedangkan untuk menarik perhatian pengunjung saya pilih lampu pijar yang digantungkan di plafon.

Denah Toko Baju Mungil

denah toko baju mungil

Seperti yang terlihat di atas, Letak toko berada pada area depan rumah tinggal. Sisa lahan depan rumah tinggal dapat dimanfattkan untuk membuat toko. Karena toko ini berskala rumahan, dan menggunakan memanfattkan toko online. Sehingga tidak perlu ruang parkir yang besar bagi pengunjung, pengunjung dapat parkir di depan toko.

 Terletak di lahan mungil, toko tersebut haruslah didesain seefektif mungkin.  Perletakan zoning toko baju mungil ini, saya bagi menjadi 3 zoning. Zona display, zona counter dan zona kamar pas. 

Zona display sendiri haruslah dominan, untuk menarik minat pengungjung. Memasang barang dagangan di zona display ini. Untuk menghemat ruang pada zona ini diperlukan penataan yang baik. Dimana diatas gantungan baju. Dapat diletakkan manequin atau barang lainnya seperti sepatu dan tas.

Zona counter adalah zona transaksi penjualan. Sedangkan zona kamar pas, tentunya untuk pengunjung mencoba baju pilihannya.

interior toko baju lebar 3 meter
Dari ulasan desain toko baju mungil diatas. Saya dapat menyimpulkan untuk mendisain toko yang berukuran kecil. Dapat menggunkan point berikut agar toko tampak lebih lapang. Diantaranya:
  • Pengunaan cermin
  • Membuat aksen bidang horiztontal
  • Menggunakan warna-warna cerah
  • Perletakan perabot yang efektif

Semoga artikel di atas dapat memberi manfaat. Jika sobat desain griyaku tertarik untuk mendesain rumah. desaingriyaku.com siap melayani jasa desain rumah online. Terima kasih.

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

Tinggalkan Balasan

Close Menu