Pengembangan Rumah 6×12 Type 36

Desain Eksisting Rumah 6x12 Type 36

Assalamualikum sobat desain griyaku. Kali desaingriyaku.com  ini akan membahas pengembangan rumah 6×12 type 36. Rumah dengan type 36 atau luas bangunan 36 m² ini biasa dimiliki oleh masyarakat tingkat menengah atau keluarga kecil. Dimana suatu saat pasti butuh perluasan dan  ruang tambahan. Oleh karena itu kami mencoba mendesain pengembangan rumah dengan luas lahan 72 m² .

rumah eksisting

Rumah type 36 ini banyak di kembangkan  oleh developer. Biasanya di bangun secara massal untuk area perumahan. Desain yang sering digunakan developer adalah gaya arsitektur minimalis. Gaya minimalis  ini favorit karena tidak memakan biaya banyak namun tetap terlihat menarik.

Desain eksting rumah 6×12 type 36 ini menggunakan sedikit ornamen. Dengan permainan bidang dan garis saja. Terlihat menarik dan segar dengan penggunaan aksesn warna hujau muda. Agar terlihat natural diberikan sentuhan batu alam pada sebagian sisi dinding.

rumah luas 36

Denah Eksisting Rumah 6x12 Type 36

denah rumah 6x12 type 36

Seperti yang saya sampaikan sebleumnya. Rumah ini diperuntukan untuk keluarga kecil. Dimana hanya memiliki 2 kamar tidur dan 1 ruang serbaguna. Ruang serbaguna ini berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluraga dan ruang makan. Dengan luas yang tidak besar, penempatan dapur terpaksa ditaruh di teras belakang rumah. 

Pengembangan Rumah 6x12 Type 36

Dengan bertambahnya anggota keluarga, kebutuhan ruang pasti akan bertambah. Sedangkan rumah type 36 tidak dapat menampung akan kebutuhan tersebut. Sehingga diperlukan pengembangan rumah 6×12 type 36 ini.  Pengembangan rumah itu bisa dilakukan dengan 2 cara. Yakni dengan memperlebar luas bagunan. Atau Dengan menambah lantai bangunan.

Untuk cara memperlebar luas banguan sangat efektif apabila sisa lahan masih banyak. Namun pada kasus rumah type 36 ini, tidak banyak memiliki lahan sisa. Oleh karenanya cara pegembangan rumah dengan menambah lantai harus dilakukan. Akan tetapi sebelum dilakukan penambahan lantai bangunan perlu di cek beberapa hal berikut

Tips Menambah Lantai Bangunan:

Apabila sobat desain griyaku ingin memambah lantai bangunan harus dipastikan dahulu apakah kekuatan struktur rumah tersebut kuat. Tetapi jika memang sudah dari awal struktur rumah dipersiapkan untuk penambahan lantai. Maka langsung dapat dilakukan pekerjaan penambahan lantai bangunan. 

Sobat desain griyaku juga harus menentukan budget untuk renovasi rumah. Pembuatan rencana anggaran biaya sangat penting agar tidak terjadi over budget.

Namun apabila belum tahu atau belum didesain untuk pemabahan lantai bangunan. Cek kembali kekuatan strukturnya. Pengecekan keuatan struktur sebaiknya diserahkan ke ahli struktur. Mereka akan menentukan apakah struktur rumah lama kuat atau tidak. Hal yang diperlu di cek adalah:

  • Cek kekuatan struktur pondasi
Pondasi merupakan struktur ujung yang menopang bangunan. Untuk pengecakan struktur pondasi diperlukan penggalian pada titik terntu bangunan.  Apabila hasil pengecekan tidak kuat. Diperlukan tambahan struktur pondasi. Biasanya rumah 2 lantai memerlukan pondasi footplat yang disambungkan dengan kolom struktur.
  • Cek kekuatan sloof 
 Cek kekuatan sloof dilakukan dengan membongkar sloof pada sebagian titik bangunan. Agar tidak merusak rumah biasanya di cek pada sisi terluar bangunan. Apabila setelah dilakukan pengecekan ternyata tidak kuat. Maka diperlukan penambahan dimensi sloof pada seluruh keliling bangunan.
  • Cek kekuatan kolom
Cek kekuatan kolom dengan membongkar sebagian kolom eksting rumah. Apabila hasilnya negatif, maka diperlukan pembahan dimensi kolom pada titik tertentu saja. Titik kolom tambahan ini bisa disebut sebagai kolom struktur. Kolom yang menopang struktur lantai 2 bangunan.
  • Cek kekuatan balok
Yang terakhir adalah cek kekuatan balok. Biasanya rumah 1 lantai hanya memiliki ring balok yang berdimensi 15/20. Untuk rumah 2 lantai  diperlukan dimensi balok yang lebih besar. Dimensi balok tergantung dengan bentang kolom struktur yang dibuat.

Desain Pengembangan Rumah 6x12 Type 36

pengembangan rumah 6x12 type 36

Desain eksterior pengembangan rumah 6×12 ini masih terkait dengan desain awal. Kami masih menngunakan ornamen, tekstur dan warna  rumah lama. Hal ini kami lakukan agar menghemat biaya. 

Yang mencolok dari perubahan ini ada di bagian carport. Kami tambahkan kanopi dengan material transparan. Serta dengan permainan garis yang membentuk portal.

pengembangan rumah 6x12 type 36

Denah Pengembangan Rumah 6x12 Type 36

denah type 36 pengembangan lt1 768x1087 - Pengembangan Rumah 6x12 Type 36
denah type 36 pengembangan lt2 724x1024 - Pengembangan Rumah 6x12 Type 36

Setelah di lakukan penambahan lantai. Rumah yang sekarang memiliki luas bangunan 85 m² . Dengan pembahan 2 kamar tidur . Kami mencoba untuk menempatkan kamar tidur di lantai 2. Dan membongkar 1 kamar tidur di lantai 1. Hal ini kami lakukan agar rumah memiliki tempat berkumpul  (gathering point). 

Inti dari rumah adalah agar setiap keluarga dapat saling bertukar pikiran dan berinteraksi. Dari gagasan itu setiap mendesain kami mencoba untuk membuat satu ruangan besar untuk tempat berkumpul. Namun dalam kasus kali ini, karena ruangan yang terbatas. Kami mendesain perletakan ruang yang memiliki keterkaitan fungsi serta menggabungkan fungsi ruang. Sebagai contoh ruang keluarga yang dapat dijadikan sebagai ruang makan.

Interior Pengembangan Rumah 6x12 Type 36

Interior pengembangan rumah 6x12 type 36

Ruang makan yang memiliki fungsi ganda sebagai ruang keluarga. Ruang makan ini saya orientasikan ke arah taman. Suasana sejuk taman akan menyegarkan ruangan ini. 

Interior pengembangan rumah 6x12 type 36

Konsep interior rumah secara keseluruhan adalah tropis. Konsep tropis ini akan membuat suasana rumah menjadi lebih segar dengan banyakanya waran hijau. Konsep tropis ini langsung terlihat pada dinding ruang tamu yang dilapis walppaer bermotif tanaman tropis. Pemilihan sofa dengan warna hijau  tosca tua dan motif daun bantal menyejukkan ruangan. Selain itu kami juga menngunakan hiasan pot tanaman untuk memperkuat tema torpis ini.

Agar ruangan terasa lebih lapang kami menggunakan rak pajangan sebagai partisi pembatas. Penggunaan material yang massive seperti dinding akan memberikan efek sempit pada ruangan. 

Interior pengembangan rumah 6x12

Masih dengan tema tropis, warna hijau digunakan pada mozaik dinding dapur.  Area bawah tangga biasanya merupakan area sisa yang jarang dioptimalkan. Kami melihat peluang tersebut untuk dijadikan sebagai dapur dan rak-rak penyimpanan barang.

Warna putih dominan di area dapur. Warna putih memberikan efek lapang dapa ruangan

Interior pengembangan rumah 6x12 type 36

Selaras dengan konsep tropis, pengunaan wallpaper tanaman tropis kami digunakan di area ruang makan. Pemilihan material kayu pada kursi menambah kesan tropis pada ruangan.

Jika sobat desain griyaku tertarik untuk mendesain rumah. Desaingriyaku.com siap melayani jasa desain rumah online. 

Daftar Fasilitas Pengembangan Rumah 6x12 Type 36

  • Rumah Pengembangan
  • Gaya Arsitektur               : Minimalis 
  • Luas Lahan                       : 6x 12m atau 72 m²
  • Luas Lantai eksisting    :  36 m²
  • Luas lantai renovasi      :  85 m²
  • Jumlah Lantai                  :  2 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun  (type 36) : Rp 108 – 144  juta. Dengan asumsi biaya Rp 3-4 juta /m²
  • Perkiraan biaya Bangun  (type  85) : Rp 255 – 340  juta. Dengan asumsi biaya Rp 3-4 juta /m²
  • Perkiraan biaya renovasi                     : Rp 150 – 200  juta. Dengan asumsi biaya Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur       : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 4 buah
  •                                     1 kamar tidur utama (lantai 1)
  •                                     3 kamar tidur anak (lantai 2)
  •  Kamar Mandi          : 2 buah
  •                                      1 kamar mandi umum (lantai 1)
  •                                       1 kamar mandi umum (lantai 2)
  • Carport                   : 1 mobil
  • Taman  belakang
  • Ruang santai

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

Tinggalkan Balasan

Close Menu