Rumah 13×18 Tropis 1 lantai

Desain Eksterior Rumah 13x18 Tropis 1 Lantai

http://desaingriyaku.com/Kali ini desaingriyaku.com akan membahas rumah 13×18 tropis 1 lantai. Rumah ini memiliki luas lahan 233 m² dengan luas banguan/ type 132 m². 

Rumah 13×18 ini menerapkan model fasad atau gaya arsitektur tropis modern. Gaya arsitektur tropis sendiri dapat terlihat dengan banyaknya bukaan pada fasad rumah. Bukaan ini berfungsi sebagai optimasi cahaya matahari dan penghawaan alami. Kemudian gaya arsitektur tropis juga dapat terlihat dari bentuk atap yang cenderung memiliki tritisan yang lebar. 

Dengan adanya perkembangan zaman. Gaya arsitektur tropis sering digabungkan dengan gaya arsitektur minimalis. Paduan gaya arsitrkur ini sering kita dijumpai pada villa. Khususnya pad villa di bali, namun pada villa bali unsur etknik atau tradisionalnya lebih ditegaskan. Berbeda dengan desain yang kami buat, kami lebih menegaskan pada unsur minimalisnya. Terlihat pada penyederhanaan bentuk dan oranmen yang cenderung ringan.

Ornamen yang kami terapkan terdiri dari 2 jenis, yaitu tekstur halus dan tekstur kasar. perpaduan tekstur halus dan kasar sangat penting untuk penyeimbang tampilan rumah. Untuk tekstur halus kami gunakan cat dasar warna cream soft serta lapisan batu paliman finish halus pada kolom depan. Sedangkan untuk penegasan bentuk, kami gunakan tekstur kasar yang membentuk frame pada kedua belah sisi fasad rumah. Kami gunakan batu paliman unfinish dengan susun sirih, serta batu andesit finish alur stonker pada sisi yang lain.  

rumah 13x18 tropis 1 lantai

Denah Rumah 10x15 Minimlais 2 Lantai

denah rumah 13x18 tropis

Konsep Tata Ruang Rumah 13x18 Tropis 1 Lantai

Rumah 13×18 tropis 1 lantai ini mengusung konsep natural atau menyatu dengan alam. Sehingga kami mencoba untuk memberikan kesan alami pada setiap ruang yang ada khusunya pada ruang inti seperti  ruang keluarga. Ruang keluarga merupakan ruang yang sering dipakai dan menjadi titik temu anggota keluarga. Sehingga kami posisikan ruang keluarga pada tengah rumah. 

Karena rumah 13×18 tropis ini tergolong lebar kami mebagi ruang menjadi 3 bagian dengan gang samping di samping rumah. Gang samping ini berfungsi sebagai akses servis apabila ada acara. selain itu juga berfungsi sebagai celah ventilasi udara dan sinar matahari. 

Untuk zonasi rumah saya bagi menjadi 3 bagian yakni zona publik, zona semi privat dan zona privat. Pembagian zonasi ini sesuai dengan arah panjang rumah ke belakang, semakin ke belakang semakin privat. Area teras dan carport merupakan dalam zonasi publik dimana dikusukan untuk menjamu tamu yang tidak akrab. Sedang ruang tamu merupakan zona semi privat untuk menjamu tamu penting atau tetangga. Kemudian zona privat dikususkan untuk pemilik rumah , zona ini terdiri dari area ruang keluarga, dapur dan teras belakang. Dimana ada lahan yang cukup luas yang dapat dijadikan taman atau tempat berkativitas. 

 

Interior Rumah 13x18 Torpis 1 Lantai

interior rumah 13x18 tropis ruang keluarga

Ruang keluarga yang ditempatkan di tengah menjadi titik temu antara ruang tamu, dapur, ruang makan dan teras belakang rumah. Kami sengaja tidak memasang sekat yang pejal seperti tembok, agar ruangan lebih terasa luas. Dan juga pemilik rumah masih dapar berinteraksi atau berkomunikasi walaupun sedang beraktivitas di tempat lain. Kami gunakan pintu lipat frame kaca  agar kesan tropis nya lebih terasa, seakan-akan ruang luar dan dalam menjadi satu.

interior rumah 13x18 tropis dapur

Dengan kebutuhaan ruang yang besar, sedangkan lahan yang bisa dibangun terbatas. Kami mencoba menyiasati dengan menggabungkan ruangan yang berkesimabngunan. Contohnya penggabungan area dapur dan ruang makan, kami satukan areanya tanpa sekat. Sehingga ruangan akan lebih compact dan hemat tempat. Agar lebih terkesan nuansa tropis, kami gunakan furniture dengan tekstur kayu bewarna coklat tua.

interior rumah 13x18 tropis teras

Untuk mepertegas batas zonasi antar zona semi privat dan privat kami gunakan partisi dari bahan gypsum. Partisi yang kami pilih pun yang bermotif tanaman sehingga nuansa tropis akan lebih terasa. Untuk mempertegas gaya arsitektur tropis dalam interior rumah, kami gunakan banyak tanaman dalam pot dan juga bantal-bantal bermotif tanaman. 

Daftar Fasilitas Rumah 13x18 Torpis 1 Lantai

  • Gaya Arsitektur               : Tropis Minimalis
  • Luas Lahan                      : 13 x 18 m atau 233 m²
  • Luas Lantai 1                   : 132 m²
  • Jumlah Lantai                  :  1 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun : Rp 396 – 528 juta. Dengan asumsi biaya antara Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur       : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 3 buah
  •                                     1 kamar tidur utama
  •                                     1 kamar tidur anak double bed 
  •                                     1 kamar tidur anak single bed
  • Kamar Mandi          : 2 buah
  •                                      1 kamar mandi utama
  •                                      1 kamar mandi umum
  • Carport                   : 2 mobil
  • Teras belakang besar
  • Taman belakang

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

Tinggalkan Balasan

Close Menu