Rumah 14×11 Mediterania 2 lantai

Desain Eksterior Rumah 14x11 Mediterania 2 Lantai

desain rumah mediterania 14x11

Kali ini desaingriyaku.com akan membahas rumah 14×11 mediterania 2 lantai. Rumah ini memiliki luas lahan 154 m² dengan luas banguan atau type 215 m². Rumah ini memiliki terletak pada kondisi berkontur sehingga terlihat memiliki 2,5 lantai.

Rumah 14×11 ini memiliki konsep fasad atau gaya arsitektur mediterania. Gaya arsitektur Mediterania sendiri merupakan gaya arsitektur yang berkembang di wilayah laut tengah. Gaya ini tersebar diperbatasan 3 benua, yakni Eropa, Asia dan Afrika. Percampuran Eropa (Spanyol, Itali, Yunani & Perancis Selatan), Asia (Arab), dan Afrika (Maroko & Mesir) menjadikan gaya ini memiliki cir khas yang kental. Akan tetapi di Indonesia gaya Mediterania lebih dikenal dengan gaya arsitektur Spanyol.

Ciri khas mediterania akan langsung tampak pada fasad bangunan. Dengan penggunaan ornamen lengkung,  pilar besar dan balkon. Serta dengan penggunaan warna pastel pada dinding rumah. Untuk memberikan aksesn pejal dan kokok saya tambahkan ornamen batu alam. 

Karena rumah ini berada pada lingkungan tropis, saya mencoba memasukan unsur tropis dengan menggunakan banyak bukaan. Bukaan ini akan berfungsi sebagai pergantian udara dan memaksimalka cahaya matahari sehingga akan menghemat penggunaan energi. Namun rumah dengan gaya mediterania ini akan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan rumah minimalis karena banyak nya ornamen.

 

rumah 14x11 mediterania

Denah Rumah 14x11 Mediterania 2 Lantai

DENAH LT DASAR 14X11 MEDITERAN
DENAH LANTAI 1 14X11 MEDITERAN
DENAH LANTAI 2 14X11 MEDITERAN

Konsep Tata Ruang Rumah 14x11 Mediterania 2 Lantai

Rumah ini terletak pada permukaan berkontur maka saya perlu mengolah tanahnya. Dengan beda kontur yang lebih dari 2 meter sehingga akan ada ruang / space yang terbuang apabila tidak digunakan. Ruang yang tidak terlalu tinggi itu saya jadikan garasi. Mengapa garasi, karena garasi merupakan ruang penyimpanan yang durasi aktivitas nya tidak lama. Ruang dengan langit-langit yang rendah kurang nyaman digunakan untuk aktivitas jangka lama karena suhu ruangan yang cenderung lebih panas. 

Rumah 14×11 mediterania 2 lantai ini terletak di area tropis. Maka saya mencoba meletakkan ruang-ruang agar berhubungan dengan ruang terbuka sehingga akan mendapatkan pergantian udara dan cahaya matahari langsung. Saya membuat 3 taman sebagai orientasi sirkulasi ruang. Satu taman di depan dan dua taman di belakang. Kemudian untuk terlihat lebih bernuansa mediterania sekaligus agar ruang lebih dingin saya menoba membuat void di tengah lantai 2. Void ini berfungsi menyalurkan udara panas ke atas atap. 

Rumah 14×11 ini tergolong lebar kami membagi ruang menjadi 4 bagian.  Untuk zonasi rumah saya bagi menjadi 4 bagian yakni zona publik, zona semi privat, zona privat dan zona servis. Pembagian zonasi ini sesuai dengan fungsi masing-masing ruang. Teras depan , foyer dan ruang tamu merupakan zona publik. Zona ini dikhususkan untuk relasi yang tidak terlalu akrab. Untuk zona semi privat terdiri dari ruang keluarga, ruang makan, dapur dan ruang baca diperuntukaan untuk teman atau keluarga dekat. Kamar Tidur menjadi zona publik dimana hanya bisa diakses oleh pemilik rumah. Sedang zona servis merupakan diperntukan untuk asisten rumah tangga untuk melakukan kegiatan servis misal cuci jemur. 

 

Interior Rumah 14x11 Torpis 2 Lantai

interior ruang keluarga mediterania

Ruang keluarga yang ditempatkan di tengah akan terasa lebih luas apabila digabungkan dengan ruang makan dan dapur. Untuk meningkatkan privasi pemilik rumah saya berikan partisi antara foyer dan ruang keluarga, Partisi yang dipilih disesuaikan dengan konsep mediterania, dengan ciri khas lengkungannya, Aksen warna biru, dan lukisan laut tengah kami pilih agar lebih menegaskan suasana mediterania, 

interior ruang keluarga mediterania

Motif garis -garis pada sofa dan kursi menambah suasana mediterania, Untuk penggunaan warna dinding saya pilih warna putih. Warna putih merupakan warna netral yang akan me,beri sedikit sentuhan modern. Warna putih juga diaplikasikan pada mebel lemari dapur. 

interior dapur mediterania

Seperti yang saya sebut diatas, ruangan berorintasi ke ruang terbuka. Sehingga pertukaran udara dan cahaya matahari akan lebih optimal. Penggunaan pintu frame kaca akan mengoptimalkan cahaya matahari.

interior ruang baca mediterania

Pemilik rumah mengingkan adanya ruang baca atau perpustakaan kecil. Ruang baca ini kami letakkan di lantai 2. Ruang baca pasti memerlukan cahaya matahari yang optimal, oleh karena itu saya desainkan 3 jendela besar bergata mediterania. Gaya mediterania juga saya gunakan pada almari buku. Ruang baca didominasi dengan warna putih. Warna putih sebagai warna netral diharapkan dapat menyegarkan dan menambah konsentrasi pembaca. 

interior perpustakaan mediterania

Daftar Fasilitas Rumah 14x11 Mediterania 2 Lantai

  • Gaya Arsitektur               : Tropis Mediteran
  • Luas Lahan                      : 14 x 11 m atau 154 m²
  • Luas Lantai Dasar         :  21 m²
  • Luas Lantai 1                   : 94 m²
  • Luas Lantai 2                   : 90 m²
  • Luas Total                          : 215 m²
  • Jumlah Lantai                  :  2,5 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun : Rp 645 – 860 juta. Dengan asumsi biaya antara Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur       : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 4 buah
  •                                     1 kamar tidur utama (lantai 1)
  •                                     2 kamar tidur anak  (lantai 2)
  •                                     1 kamar tidur asiten rumah tangga (lantai 1)
  • Kamar Mandi          : 3 buah
  •                                      1 kamar mandi utama ( lantai 1)
  •                                      1 kamar mandi umum (lantai 1)
  •                                       1 kamar mandi umum ( lantai 2)
  • Garasi                     : 1 mobil
  • Carport                   : 1 mobil
  • Perpustakaan kecil / Ruang Baca
  • Taman belakang

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

Tinggalkan Balasan

Close Menu