Rumah 3×15 Minimalis

Desain Rumah 3x15 Minimalis Split Level

Assalamu’alaikum sobat desain griyaku. Kali ini desaingriyaku.com akan membahas desain rumah 3×15 minimalis 3 lantai. Rumah ini hanya memiliki kebar 3 meter. Yang cenderung sempit dan berbentuk lorong.

 Rumah 3×15 ini memiliki luas lahan 45 m². Dengan total luas bangunan 101 m². Atau bisa disebut type 101/45. Rumah pada lebar 3 meter kali ini menggunakan gaya minimalis.

rumah 3x15 minimalis split level

Fasad rumah ini saya buat sederhana sesuai dengan konsep minimalis. Gaya arsitektur minimalis menurut saya sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang berukuran kecil. Apalagi dengan hanya memiliki lebar 3 meter, rumah akan cenderung memiliki sedikit ornamen. Oleh karenanya diperlukan aksen garis dan bidang untuk mempercantik rumah. Hal itu sesuai dengan prinsip minimalis yang memainkan bidang dan garis.

Dengan lebar 3 meter, pasti rumah akan terlihat ramping. Untuk menyiasati itu saya gunakan aksen garis horizontal . Berupa batu andesit bermotif alur lurus. Sehingga rumah akan terkesan melebar ke samping. Penggunaan batu alam dapat membuat rumah tampil natural. Namun perlu dicermati untuk tidak memasang terlalu banyak batu alam, agar rumah tidak terkesan berat.

 

rumah 3x15 minimalis 3 lantai

Kemudian agar lebih terlihat modern, saya gunakan bukaan jendela yang besar. Agar lebih maksimal saya pilih untuk menggunakan curtain wall. Curtain wall adalah pelapis dinding bagian luar, biasanya banyak digunakan di bangunan ruko atau bangunan bertingkat banyak. Material yang digunakan untuk curtain wall bermacam mulai dari kaca tempered sampai ACP ( Aluminium Composite Panel). 

Secara fungsi, curtain wall memiki fungsi yang sama dengan jendela biasa. Namun memiiliki ukuran yang jauh lebih besar sehingga dapat menangkap view lebih banyak. Perbedaan yang lainnya adalah  letak pemasangan. Dimana kusen biasa diikat oleh dinding pembatas, balok dan kolom. Sedangkan rangka curtain wall dapat dipasang pada sisi luar bangunan.

Untuk bentuk atapnya saya gunakan bentuk atap kombinasi. Dimana bagian depan terlihat miring sebelah. Saya buatk demikian agar terlihat sederhana juga untuk menghemat kebutuhan talang air beton.

Denah Rumah 3x15 Minimalis Split Level

denah rumah 3x15 minimalis split level

Rumah lebar 3 meter ini hanya memungkinkan 1 akses masuk. Dan pasti memmbutuhkan lebih dari 1 lantai. Namun dengan membuat rumah menjadi beberapa lantai. Penghuni rumah akan merasa capek naik turun tangga. Oleh karena itu perlu dipikirkan secara matang penempatan posisi ruang yang baik. Saya rasa dengan menggunakan konsep split level cocok digunakan pada rumah kali ini.

Dari hasil study ruang yang telah saya lakukan. Komposisi ruang yang tercipta sesuai dengan denah diatas. Pada lantai 1, saya tempatkan ruang tamu dan ruang tidur utama. Seperti halnya rumah biasa ruang tamu diletakkan di depan untuk kemudahan akses dan menjaga privasi. Untuk ruang tidur utamanya saya tempatkan di lantai 1 juga untuk kemudahan akses. Apalagi dimasa depan, kemampuan ayah ibu pasti berkurang, tidak memungkinakan banyak naik turun tangga. 

Hal yang paling utama pada rumah adalah ruang keluarga. Ruang keluarga disini lebih merujuk ke tempat berkumpul. Yakni tempat menonton tv, dapur dan ruang makan.  Posisi ruang keluarga saya  letakkan di lantai 2, tepat di tengah rumah. Sehingga memudahkan untuk diakses seluruh anggota keluarga. Di lantai 2 juga tedapat 1 kamar tidur anak dan 1 kamar mandi umum.

Sama halnya dengan lantai 2, di lantai 3 juga memiliki 1 kamar tidur anak. Namun saya gunakan ruang sisa untuk dijadikan ruang santai dan mushola. Di lantai 3 juga terdapat ruang cuci jemur. Saya letakkan di atas ruang jemur membutuhkan sinar matahari yang cukup.

 

denah 3d rumah 3x15 minimalis 3 lantai split level

Konsep split level membuat rumah terlihat bertumpuk. Namun akan mengurangi rasa capek menaiki tangga. Dikarenakan lantai yang bersusun akan berfungsi ganda sebagai bordes untuk tempat istirahat. Dan juga bentuk tangga yang tidak terlalu panjang. Tangga panjang dan lurus tanpa bordes akan membuat cepat capek.

Konsep Rumah 3x15 Minimalis Split Level

potongan rumah 3x15 minimalis split level

Rumah dengan luas lahan 45  miliki bentuk lahan yang memanjang. Bentuk memanjang membuat rumah akan tampak seperti lorong. Untuk bagian tengah bangunan jika tidak diolah pasti akan gelap dan pengap. Oleh sebab itu saya gunakan skylight pada bagaian atas tangga. Skylight adalah struktur atas rumah yang memiliki material transparan guna keperluan pencahayaan. 

Saya juga membuat menara angin dengan memasang bukaan pada atap. Udara yang mebahawa hawa panas akan berhembus ke arah atas, jikalau tidak ada bukaan pada atas. Rumah pasti akan terasa panas. Menara angin adalah solusi sederhana untuk menangani penghawaan rumah.

potongan rumah 3x15 minimalis 3 lantai

Dengan konsep split level, akan mengurangi ruang sisa pada sisi vertikal. Sehingga memaksimalka pengunaan ruang terutama pada sumbu vertikal. Sebagai contoh ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk gudang penyimpanan barang.  Berbeda dengan rumah konvensional yang memiliki celah ruang pada bagaian plafon. Namun konsep split level membuat rumah cenderung memiliki atap plafon yang datar.

Interior Rumah 3x15 Minimais Split Level

Interior Ruang Keluraga

interior rumah 3x15 minimalis ruang nonton tv

Konsep interior yang digunakan pada rumah lebar 3  meter ini adalah monokromatik dengan aksen warna merah. Warna monokromatik adalah warna-warna yang cenderung hitam putih. Sedangkan aksen warna merah membuat suasan ruang menjadi lebih hangat.

Pada ruang keluarga, khusunya ruang nonton tv. Dindingnya menggunakan warna abu-abu sehingga akan terasa lebih fokus. Aksen merah terlihat pada warna sofa. Untuk membuat tampak lebih natural, saya gunakan material vinil dengan motif parket kayu.

interior rumah 3x15 minimalis (3)

Ruang makan dan dapur konsisten menggunakan warna monkromatik yang diaplikasikan pada kusen dan perabot. Sedangkan aksen warna merah saya gunakan pada kursi makan. Berbeda dengan ruang nonton tv, terlihat warna cerah dan hangat pada meja dapur. Untuk optimasi sinar matahari, bukaan jendela saya buat lebar dan tinggi.

Interior Ruang Tamu

interior rumah 3x15 minimalis split level

Dengan keterbatasan ruangan, Ruang tamu saya buat sederhana. Dengan meletakkan perabot yang terlihat ringan agar rumah tidak terlihat sumpek. Masih mengaplikasikan warna monokromatik dengan aksen merah. Dinding ruang tamu menggunakan warna abu-abu dan aksen merah pada sofanya.

Interior Ruang Tidur

interior rumah 3x15 minimalis kamar tidur utama

Masih dengan konsep monokromatik dengan aksen merah. Pada ruang tidur utama di dominasi warna putih. Sehingga ruangan terlihat lebih lapang dan luas. Mengigat luas ruang tidur utama yang tidak besar. Warna putih sangat tepat digunakan.

Untuk pencahayaan alami ruangan, saya gunakan pintu geser kaca pada sisi samping ruangan. Yang langsung tembus ke arah taman kecil.

Interior Ruang Tidur

interior rumah 3x15 minimalis kamar anak

Serupa dengan kamar tidur utama, ruang tiduar anak megngunakan konsep monokromatik dengan aksen merah. Ruang tidur anak juga didominasi warna putih pada dinding. Agar ruangan terlihat lapang. 

Karena letak posisi kamar tidur anak ada di bagian depan. Memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari secara lebih optimal.

Interior Ruang Santai

interior rumah 3x15 minimalis ruang santai

Ruang Santai pada lantai atas, lebih saya fungsikan untuk ruang baca. Masih menerapkan konsep monokromatik dengan aksen warna merah. Ruang santai langsung berhubungan dengan ruang cuci jemur yang terbuka. Sehingga ruang santai dapat penghawaan dan sinar matahari secara maksimal.

Mushola

interior rumah 3x15 minimalis mushola

Ruang transis antara Kamar tidur anak dan ruang santai dapat digunakan sebagai mushola. Desain mushola saya buat sederhana dengan memempelkan ornamen timur tengah. Untuk membuat kesan lebih dramatis, saya gunakan lampu strip LED pada sekililing ornamen. 

Sekian artikel rumah 3×15  dari kami. Semoga artikel di atas dapat memberi manfaat. Jika sobat desain griyaku tertarik untuk mendesain rumah. desaingriyaku.com siap melayani jasa desain rumah online. Terima kasih.

Daftar Fasilitas Rumah 14x17 Mediterania 2 Lantai

  • Rumah Pengembangan
  • Gaya Arsitektur                      : Minimalis dengan Split Level
  • Luas Lahan                              : 3 x 15 m atau 45 m²
  • Luas Lantai 1                           :  27.5 m²
  • Luas Lantai 2                           :  37 m²
  • Luas Lantai 3                           :  36.5 m²
  • Luas Total Bangunan           :   101 m²
  • Jumlah Lantai                         :  3 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun    : Rp 303 –  404  juta. Dengan asumsi biaya Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur           : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 3 buah
  •                                     1 kamar tidur utama (lantai 1)
  •                                     1 kamar tidur anak (lantai 2)
  •                                     1 kamar tidur anak ( lantai 3)
  •  Kamar Mandi          : 3 buah
  •                                      1 kamar mandi  utama (lantai 1)
  •                                       1 kamar mandi umum (lantai 2)
  •                                       1 kamar mandi umum (lantai 3)
  • Carport                      : 1 mobil
  • Ruang Santai 
  • Mushola

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status
Close Menu
DMCA.com Protection Status