Rumah 7×16 Minimalis 1 lantai

Desain Eksterior Rumah 7x16 Minimalis 1 Lantai

Halo sobat desain griyaku. Kali ini  desaingriyaku.com akan membahas rumah 7×16 minimalis 1 lantai. Rumah ini memiliki luas lahan 112 m² dan miliki luas bangunan rumah tipe  60 m². 

Gaya minimalis merupakan gaya yang sedang di gemari pada akhir-akhir ini. Dikarenakan bentuknya yang simple dan lebih menekankan pada unsur bidang garis saja.  Biaya pembuatan rumah minimlais pun lebih murah karena tidak banyak ornamen yang dipakai. Konsep inilah yang dipakai oleh rumah 7×16 ini. 

Rumah 7×16 minimlias ini lebih cenderung ke arah modern. Ciri khas modern adalah penggunaan banyak bukaan kaca pada fasad rumah. Sehingga akan seakan -akan tidak ada sekat pemisah antara bagian dalam rumah dan luar rumah. Pemilihan kaca dengan model lebar & tinggi. Serta dengan adanya boven kaca pada dinding area teras akan mempertegas kesan modern pada rumah 7×16 ini. 

Rumah ini menggunakan waran putih, abu-abu serta coklat. Warna-warna netral yang sering digunakan pada gaya arsitektur kontemporer. Gaya kontemporer dan gaya minimalis memiliki banyak kesamaan. Sehingga warna-warna tersebut kami gunakan sebagai permainan bidang pada fasad bangunan. Sedangkan permainan  garis terlihat dari tirai aluminium pada teras. Untuk memberikan kesan natural kami gunakan tekstur batu alam pada sebagian fasad rumah.

Bentuk rumah 7×16 ini cenderung kotak dengan permainan atap pelanan bertrap/bersusun. Sehingga akan timbul efek 3 dimensi. Untuk material atap yang dipakai adalah genteng flat beton. Genteng ini akan memberikan  kesan modern dengan bentuknya yang simple dan warna abu-abunya yang cenderung netral.

 

desain rumah 7x16 type 60

Denah Rumah 7x16 Minimlais 1 Lantai

denah 7x16 type 60 warna

Konsep Tata Ruang Rumah 7x16 Tropis 1 Lantai

Karena rumah 7×16 ini tergolong rumah yang kecil. Maka konsep rumah compact sangat cocok untuk diaplikasikan. Konsep compact sendiri merupakan konsep rumah yang menekankan pengurangan ruang mati / dead space serta menggabung ruang memiliki keterkaitan fungsi. Konsep compact ini kami aplikasikan pada area inti rumah. 

Area inti rumah merupakan area yang sering digunakan dan dijadikan tempat berkumpulnya anggota keluarga. Area inti merupakan gabungan dari ruang keluarga , ruang makan dan dapur. Penggabungan ini akan membuas ruangan akan terasa lebih lega dan luas. Selain itu anggota keluarga dapat menikmati kebersamaan walaupun sedang melakukan aktivitas yang berbeda. 

Rumah 7×16 ini tergolong rumah yang memanjang kebelakang. Sehingga kami perlu menyediakan ruang atau lahan kosong di area belakang rumah. Lahan kosong ini dapat dijadikan taman, yang dapat menambah kesegaran dan kesjukaan rumah. Atau dapat juga dijadikan perluasan rumah kedepannya.

 

 

Interior Rumah 7x16 Minimalis 1 Lantai

ruang tamu rumah tipe 60

Sesuai dengan tampilan eksterior rumah yang minimalis. Kami mencoba untuk menerapkan konsep minimalis pada interior rumah. Pemilihan funriture dengan model yang simple akan memberikan kesan lega pada ruangan. Pemilihan warna yang domnian putih dan abu-abu akan memberikan kesan clear pada ruangan. Agar tidak monoton warna biru kami pilih untuk menyegarkan suasana ruangan.

ruang tidur rumah tipe 60

Ruang tidur kami buat se simple mungkin dengan hanya menempatkan perabot yang penting saja. Seperti kasur, lemari dan meja untuk belajar atau bekerja. 

ruang keluarga rumah tipe 60

Seperti yang saya deskripsikan sebelumnya. Konsep compact akan  memberikan kesan luas pada ruang inti rumah. Masih senada dengan ruang tamu warna biru kami jadikan penegas ruangan. Pemilihan warna netral masih dominan pada ruang inti. Namun untuk bagian dinding televisi kami berikkan tambahkan wallpaper bergaris. Wallpaper ini akan memberikan fokus pada televisi.

dapur rumah tipe 60

Area dapur kami desain berbentuk U sehingga pada sebagain sisinya bisa memiliki multifungsi sebagai meja ruang makan. Ruang makan dengan konsep bar dapat diaplikasikan pada rumah yang yang memiliki lahan terbatas. Penggabungan dapur, ruang makan dan ruang keluarga menciptakan kesan lapang. Tak cuma itu saja diharapkan dengan penggabungan ruang ini dapat menghangatkan dan memperat suasan keluarga di rumah. 

Daftar Fasilitas Rumah 7x16 Minimalis 1 Lantai

  • Gaya Arsitektur               : Minimalis
  • Luas Lahan                       : 7 x 16 m atau 112 m²
  • Luas Lantai                       : 60 m²
  • Jumlah Lantai                  :  1 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun : Rp 180 – 240 juta. Dengan asumsi biaya antara Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur       : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 2 buah
  •                                     1 kamar tidur utama
  •                                     1 kamar tidur anak 
  •  Kamar Mandi          : 1 buah
  •                                      1 kamar mandi umum
  • Carport                   : 1 mobil
  • Ruang Inti yang menghangatkan suasana
  • Taman belakang  atau area pengembangan luas

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

This Post Has 6 Comments

  1. Salam,

    Apa di desaingriyaku, punya Konsep rumah plit 2 – 2,5 lantai dengan luas tanah 7 x 17 mtr. Ada toko, dan garasi. Dengan 3 kamar tidur. Tolong di bagi ke saya.

    Makasih

    1. Terima kasih sudah bertanya. Untuk desain rumah 7×17 split level. desaingriyaku belum pernah membuat sebelumnya.

  2. Untuk desain rumah 7×22 apa desaingriyaku bisa bantu utk 3 kmr tdr dn 2 kmr mndi, 1 kmr utama kmr mandi didlm. ada space tmanan di belakang rmh. ada grsi dn carport. terima ksih

    1. Maaf slow respon, untuk konsultasi bisa menghubungi nomer kontak yang tersedia, terima kasih sudah berkunjung

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status
Close Menu
DMCA.com Protection Status