Rumah 8×15 Minimalis 1 lantai

Desain Eksterior Rumah 8x15 Minimalis 1 Lantai

Assalamuaikum sobat desain griyaku. Kali ini  desaingriyaku.com akan mengupas rumah 8×15 minimalis 1 lantai. Rumah ini memiliki luas lahan 120 m² serta miliki luas bangunan rumah dengan tipe  83 m². 

Dengan adanya perkembangan zaman. Manusia pasti akan tertarik dengan seusatu yang baru. Begitu pula dalam bidang arsitektur, gaya arsitektur minimalis sekarang sedang naik daun. Gaya arsitektur minimalis merupakan gaya yang cenderung sederhana dengan memainkan bidang dan garis saja. Begitu pula pada rumah 8×15 kali ini yang menggunakan konsep minimalis.  

Rumah 8×15 ini menggunakan bentuk atap pelana bertingkat. Bentuk atap pelana bertingkat dipilih karena bentuk nya yang sederhana namun memberikan tampilan ruang 3 dimensi. Model atap ini sering sekali diaplikasikan pada desain rumah minimalis. Untuk mempermanis tampilan fasad sekaligus sebagai peneduh. Kami mencoba menambahkan kanopi pada bagian carport. 

Untuk pemilihan warna saya pilih warna -warna netral agar rumah terlihat elegan. Warna putih yang dominan memberikan kesan clear dan modern. Sedangkan warna coklat pada batu alam memberikan aksen tegas pada fasad bangunan. Agar terlihat lebih modern maka kami banyak menggunakan bukaan jendela dan boven.  

Bentuk fasad rumah 8×15 ini sangat minim akan ornamen. Ornamen yang banyak akan memaka biaya yang banyak pula. Maka dari itu kami tidak memakai banyak oranamen. Sehingga rumah akan seusai dengan konsep minimalis denagn budget yang minimalis pula. 

 

rumah 8x15 minimalis 1 lantai

Denah Rumah 8x15 Minimlais 1 Lantai

DENAH 8X15 MINIMALIS 1 LANTAI

Konsep Tata Ruang Rumah 8x15 Minimalis 1 Lantai

Rumah ini memiliki lebar 8 meter. Sehingga kami dapat membelah rumah menjadi 3 bagian ruang. Pembagian ini kami maksudkan agar mempermudah penataan hubungan antar ruang.

Berbeda dengan rumah pada umunya. Pemilik rumah 8×15 ini menginginkan dapur berada di depan. Perletakan ini dimaksudkan agar pemilik rumah dapat mengetahui apabila ada tamu yang berkunjung. Pemilik rumah juga menginginkan privasi yang lebih. Oleh karena itu kami mencoba membuat teras memiliki fungsi sebagai ruang tamu.  Dilingkungan daerah kota yang cenderung tertutup, hal ini biasa di terapkan.

Klien kami menginginkan ruang berkumpul yang besar dan nyaman. Dari keinginan klien inilah kami mencoba menggabungkan dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Namun agar tidak menggangu fungsi masing-masing ruang. Kami menggunakan partisi kayu untuk menyekat ruangnnya. Partisi ini tidak rapat, tembus pandang antar ruang. Sehingga pemilik rumah masih dapat merasakan keberadaan anggota keluarga yang sedang beraktivtas. 

Area belakang rumah merupakan area favorit bagi anggota keluarga. Area yang cukup lapang ini dapat dijadikan penyegar mata atau dijadikan tempat bermain bagi anak-anak.

 

Interior Rumah 7x16 Minimalis 1 Lantai

ruang tamu rumah 8x15 tipe 83

Kosep interior yang diaplikasikan pada rumah 8×15 ini adalah minimalis elegan. Dengan penggunaan warna netral putih dan aksen warna coklat. Sekat atau partisi ruang tidak harus dari tembok . Melainkan dapat diganti dengan balok kayu vertikal yang disusun berderet. Celah antar kayu ini membuat ruang terasa lega  dan menyatu dengan ruang lainnnya.

interior ruang tamu rumah 8x15 tipe 83

Penggunaan warna putih yang dominan membuat ruang lebih terasa lega dan clear. Warna putih juga memberikan kesan modern.

interior dapur rumah 8x15 tipe 83

Pemilihan warna HPL (High Presure Laminated) dapur disesuaikan dengan warna kisi-kisi kayu pembatas ruangan. Dapur meiliki kedekatan fungsi dengan ruang makan. Oleh karena nya kami mencoba menggabungkan kedua ruangan tersebut.  Hal ini bertujuan menghemat tempat serta memberikan kesan yang lapang pad ruangan.

interior ruang tidur rumah 8x15 tipe 83

Untuk area ruang tidur utama kami mencoba menggunakan warna dominan putih. Untuk aksennya kami menggunakan material kayu dengan warna coklat muda. Sekali lagi warna putih sangat membantu ruangan yang sempit untuk meberikan kesan lapang dan luas. Ditambah dengan penempatan kaca yang besar pada dinding yang akan merefleksikan ruangan. 

Agar tidak terkesan monoton, kami mencoba menggunakan motif untuk wallpaper, carpet dan selimut ruang tidur utama. 

interior ruang keluarga rumah 8x15 tipe 83

Karena rumah ini memiliki keterbatasa luasan. Maka perlu mempertimbangkan untuk pemilihan model furniture nya. Pemilihan furniture yang besar dan banyak ornamen akan memberikan efek sempit pada ruangan. 

Apabila ruang televisi diisi dengan kursi atau sofa , maka akan terasa sumpek. Kami membuat konsep lesehan pada ruang televisi . Hall ini bertujuan agar ruang televisi dapat menampung seluruh anggota keluarga.

Daftar Fasilitas Rumah 8x15 Minimalis 1 Lantai

  • Gaya Arsitektur               : Minimalis
  • Luas Lahan                       : 8 x 15 m atau 120 m²
  • Luas Lantai                       :  83 m²
  • Jumlah Lantai                  :  1 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun : Rp 249 – 332 juta. Dengan asumsi biaya antara Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur       : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 3 buah
  •                                     1 kamar tidur utama
  •                                     2 kamar tidur anak 
  •  Kamar Mandi          : 2 buah
  •                                      1 kamar mandi umum (dalam rumah)
  •                                       1 kamar mandi umum (dibelakang rumah)
  • Carport                   : 1 mobil
  • Ruang kelurga yang menyatu dengan ruang makan dan dapur
  • Taman belakang  luas

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

This Post Has 2 Comments

  1. Inspriratip… Ruang terbuka banyak utk sirkulasi udara

Tinggalkan Balasan

Close Menu