Proses Tahapan Desain Rumah

Proses Tahapan Desain Rumah

Assalamu’alaikum sobat desain griyaku. Kali ini desaingriyaku.com akan menjabarkan seperti apa dan bagaimana proses tahapan desain rumah.
Berbeda dengan artikel sebelumnya yang membahas objek desain eksterior maupun interior nya . Artikel kali fokus ke proses tahapan desain rumah. Tahapan desain rumah yang baik akan melibatkan klien atau owner dalam desain. Hal ini ditujukan agar rumah desain rumah yang dimiliki itu original sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien. Berikut merupakan tahapan desain rumah ala desaingriyaku.com.

0. Kesepakatan Kerja & Biaya Desain Rumah

proses tahapan desain rumah

Saya memasukan point ini sebagai pembuka dari proses tahapan desain rumah. Poin ini sangat penting ditekankan diawal. Sehingga nantinya tidak akan terjadi komplain di akhir tahap desain rumah. 

Kesepakatan kerja disini adalah kesepakatan yang telah ditentukan oleh pihak designer dan owner. Yang mana biasanya berupa berapa lama pengerjaan desain rumah. Produk atau gambar apa saja  yang ditawarkan. Berapa kali gambar boleh direvisi. Dan juga berapa biaya desain rumah tersebut. Untuk biaya desain perhitungan bisa berbeda berdasarkan luas lantai bangunan atau dihitung dari per lembar gambar.

Tentunya kebutuhan setiap owner berbeda-beda . Ada yang butuh gambar kerja lengkap, ada juga yang butuh gambar tampak bangunan saja. Oleh karena itu desaingriyaku.com menawarkan beberapa paket yang bisa diambil oleh sobat griyaku. Untuk lebih jelas bisa buka lihat di link berikut.

1. Input Data Lahan dan Kondisi Eksisting

Setelah di dapat hitungan luas kebutuhan ruang. Selanjutnya adalah pembuatan zonasi dan denah rumah. Zonasi adalah pembagian ruang berdasarkan fungsi ruang. Secara umum zonasi rumah tinggal dibagi menjadi area publik, area semi privat, area privat dan area servis. 

Setelah tercipta zonasi maka akan lanjut ke pembuatan denah. Denah merupakan core atau inti dari desain bangunan. Biasanya untuk mempermudah dan menyingkat waktu. Kami biasanya memberikan draft denah. Draft denah ini lebih simpel karena cuma berisi informasi dimensi, hubungan antar ruang.

data awal desain
lahan 300x225 - Proses Tahapan Desain Rumah

Data awal sangat diperlukan apalagi ketika akan membuat desain renovasi rumah. Data awal bisa berupa ukuran lahan, foto lokasi, denah eksisting dan tampak eksisting bangunan. Juga bisa titik objek tertentu misal letak sumur dll. 

2. Penentuan Besaran dan Kebutuhan Ruang

hitungan luasan kebutuhan ruang

Disain yang baik tentunya merupakan desain yang dapat menampung dan memberikan solusi dari kebutuhan ruang yang ada. Namun juga tidak semua kebutuhan dapat dimasukkan ke dalam desain. Apalagi apabila ada keterbatasan luas lahan dengan kebutuhan ruang yang banyak.
Sebagai contoh misal sobat griyaku memiliki tanah kapling ukuran 8×10 atau 80 m². Ingin membangun rumah 1 lantai dengan 4 buah kamar tidur, 2 kamar mandi , dapur , ruang makan , ruang keluarga,ruang tamu serta carport. Apakah dengan luas  80 m² bisa menampung kebutuhan tersebut. Coba kita jabarkan dengan asumsi menggunakan standar ukuran ruang, sebgai berikut:

  • 4 Kamar Tidur ukuran 3×3             = 4x3x3       = 36 
  • 2 Kamar Mandi ukruan 1.5 x 1.5   = 2×1.5×1.5  =6.75  
  • 1 Dapur ukuran 3×3 m²                      = 1x3x3        = 9 m²
  • 1 Ruang Makan ukuran 3×3 m²         = 1x3x3        = 9 m²
  • 1 Ruang Keluarga ukuran 4×3       = 1x4x3        = 12 m²
  • 1 Ruang Tamu ukuran 3×3 m²            =1x3x3        =  9 m²
  • 1 Carport ukuran 3×5 m²                    =1x3x5        = 15 m²
Total Luasan Jadi                                                       = 96,75  
 
 Dari hasil yang kita peroleh jumlah luas ruang > luas lahan. Oleh karena itu tidak mungkin diterapkan untuk bangunan lantai 1. Bangunan tersebut harus dibuat lantai 2 untuk memenuhi kebutuhan ruangnya. 
Lalu kalau misal mengecilkan ukuran ruang apakah juga bisa. Kami tidak menganjurkan hal tersebut dikarenakan kualitas dari ruang akan berkurang. 
Saran dari kami terkait kebutuhan ruang adalah menyisihkan sebagian lahan, tujuannya untuk celah cahaya matahari dan pertukaraan udara. Sehingga rumah sehat dan tidak pengap.

3. Pembuatan Zonasi dan Denah Rumah

Setelah di dapat hitungan luas kebutuhan ruang. Selanjutnya adalah pembuatan zonasi dan denah rumah. Zonasi adalah pembagian ruang berdasarkan fungsi ruang. Secara umum zonasi rumah tinggal dibagi menjadi area publik, area semi privat, area privat dan area servis. 

Setelah tercipta zonasi maka akan lanjut ke pembuatan denah. Denah merupakan core atau inti dari desain bangunan. Biasanya untuk mempermudah dan menyingkat waktu. Kami biasanya memberikan draft denah. Draft denah ini lebih simpel karena cuma berisi informasi dimensi, hubungan antar ruang.

denah awal 1024x786 - Proses Tahapan Desain Rumah

Diatas merupakan contoh draft denah yang kami buat. Untuk menjaga kualitas dan original desain (notasi dimensi saya blur). Draft denah ini bisa saja direvisi beberapa kali sesuai keinginan klien. Partisipasi dari klien sangatlah penting dalam menciptakan denah yang baik. Klien bisa memberi masukan untuk mengatur konfigurasi ruang.

denah revisi 1

Draft denah mengalami perubahan atau revisi. Untuk mempermudah penamaan kami berikan tanggal di pojok kanan atas.

denah fix

Setelah mengalami beberapa kali revisi. Draft denah yang sudah fix dan disetujui oleh klien, akan dijadikan acuan untuk pembuatan gambar 3 dimensi eksterior. Dan juga nanti akan digunakan untuk pembuatan gambar kerja. Proses pembuatan zonasi ruang dan denah biasanya memakan waktu 1 hari. Seperti apa gambar kerja bisa dibuka di link berikut.

4. Pembuatan 3 Dimensi Eksterior

tahap desain tampak

Tahap 3 dimensi ekstior adalah tahapan desain tampak bangunan secara 3 dimensi.  Sebelum memulai penerjaan ini biasanya saya meminta owner mengrim contoh referensi. Tujuannya agar mempermudah dan menyingkat waktu desain. Dengan contoh referensi diharapkan desain yang dibuat sesuai dengan pemikiran pemilik rumah. Contoh referensi bisa didapat dari google, pinterest atau dari website kami

sketsa revisi 2 300x225 - Proses Tahapan Desain Rumah

Dalam tahapan desain rumah  tentunya akan ada beberapa revisi.  Media revisi bisa dari deskripsi keterangan atau sketsa gambar seperti contoh diatas. Pembuatan Gambar 3 Dimensi sendiri umunya dikerjakan dalam 2-3 hari, tergantung dengan besar luasan bangunan.

5. Proses Render Gambar

Tahapan selanjutnya dalam desain rumah adalah render gambar. Render Gambar ini bertujuan untuk mendapatkan visualisasi yang realistik. Proses rendering cukup memakan waktu lama, oleh sebab itu biasanya kami bagi 2 tahap. Kami lakukan render preview awal dahulu. Sebelum lanjut ke render final gambar final. Tahapan render gambar ini memakan waktu kurang lebih 1 hari.

preview tampak

Diatas merupakan contoh preview render awal. Cukup bagus untuk kebutuhan yang mendesak dan  dengan waktu yang singkat. Sedangkan untuk gambar yang dibawah merupakan gambar render final. Gambar yang dihasilkan lebih tajam dan realistik, namun memakan waktu yang cukup lama.

rumah 8x12 split level

6. Pembuatan Gambar Kerja

Tahapan selanjutnya adalah tahap pembuatan gambar kerja. Gambar kerja sendiri merupakan gambar yang akan digunakan sebagai acuan pembangunan. Gambar kerja ini berisi kumpulan keterangan dimensi, deskripsi material dan keterangan elevasi. Gambar kerja ini biasanya dikerjakan dalam waktu 3-4 hari, tergantung dengan kerumitan dan luas bangunan. Jika sobat griyaku belum familiar dengan gambar kerja, bisa lihat link berikut.

contoh gambar kerja

Kebanyakan klien hanya memilih paket desain sampai gambar kerja. Maka setelah gambar kerja selesai , dan setelah dikrimkan ke owner. Dan setelah dilakukan pengecekan gambar oleh pemilik rumah, makan proses desain selesai. 

Akan tetapi kalau pemilik rumah menginginkan desain tambahan interior dan rencana anggaran biaya. Maka proses desain masih berlanjut ke 2 tahapan lagi.

7. Pembuatan Desain Interior

interior kamar tidur minimalis

Pembuatan desain interior perlu ketelitan dan detail yang tinggi. Oleh karena itu umumnya desain interior lebih mahal dibandingkan desain eksterior. Biasanya proses pembuatan interior / ruangan memerlukan waktu 1-2 hari. Berikut contoh hasil desain interior yang telah kami buat.

8. Proses Pembuatan Rencana Anggaran Biaya ( RAB)

hitungan rab

Jika sobat griyaku memilih paket sampai RAB. Maka proses selanjutnya adalah pembuatan rencana anggaran biaya (RAB). RAB berfungsi untuk alat kontrol budget pembangunan nanti. Diharapkan dengan adanya RAB pemilik rumah bisa mendapatkan gambaran berapa biaya dan jumlah material yang perlu disiapkan sebelum pembangunan. Pembuatan RAB bisa dikerjakan dalam waktu 2-3 hari. Seperti apa RAB sobat griayku dapat melihat link berikut.

Sekian artikel tentang proses tahapan desain rumah tingaal . Semoga bisa menjadi sumber refernsi dan dapat bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunung ke website kami. Jika sobat desain griyaku tertarik untuk mendesain rumah. Desaingriyaku.com siap melayani jasa desain rumah online. 

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

Tinggalkan Balasan

Close Menu