Rumah 10×12 Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Assalamu’alaikum sobat desain griyaku. Kali ini desaingriyaku.com akan mengupas desain rumah 10×12 minimalis 1 lantai. Rumah pada lahan 120 m² ini cenderung memiliki gaya arsitektur kontemporer minimalis. Rumah ini memiliki luas bangunan 96 m². Atau bisa disebut type 96/120.

desain rumah 10x12 minimalis 1l lantai

Gaya arsitektur kontemporer merupakan gaya yang bisa dikatakan tidak lekang dengan zaman. Gaya ini mulai berkembang dalam pada 1920-an di Jerman.  Lebih tepatnya tahun 1940-an gaya ini digunakan dalam seni bangunan.  

Istilah kontemporer dalam arsitektur sendiri berarti gaya bangunan saat ini. Dikatakan demikian karena sifat nya yang dinamis mengikuti perkembangan zaman. Dalam dunia arsitektur, gaya kontemporer dapat dilihat dari ciri-cirinya. Bangunan memiliki bentuk yang dinamis dengan permainan lengkung, komposisi ruang menarik, penggunaan material baru, jendela lebar dan memperhatikan lingkungan.

Pada desain rumah kali ini, kami mencoba memadukan konsep minimalis dengan beberapa unsur kontemporer. Unsur kontemporer yang kami gunakan adalah bukaan jendela yang lebar dan memperhatikan lingkungan. Sedang konsep minimalis diaplikasikan dengan permainan bidang dan garis. Dengan jendela dan bukaan yang lebar diharapkan dapat menghemat energi.

Rumah ini menggunakan atap jenis miring satu sisi. Dengan material atap beton. Sedangkan fasad rumah nya lebih menonjolkan unsur natural dengan penggunana material batu alam. Batu alam yang kami gunakan memiliki 2 karakter yang berbeda. Karakter lembut pada teras rumah dengan batu granit. Sedangkan karakter kasar pada dinding kamar tidur dengan batu andesit.

Denah Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

denah rumah 10x12 minimalis 1 lantai

Denah rumah 10×12  kali ini kami bagi berdasarkan fungsi. Kami mencoba membagi 5 zona pada denah rumah. Zona pertama adalah zona publik yakni teras dan ruang tamu. Kemudain zona semi privat yakni ruang makan, dapur dan ruang keluarga. Zona privat adalah ruang tidur. Sedangkan zona servis adalah cuci jemur. 

Kami tambahkan satu zona lagi untuk ruang kerja di lantai mezzanine. Lantai Mezzanine merupakan lantai tengah. Konsep Mezzanine ini kami pilih karena bangunan yang memiliki sisa ruang. Mengingat harga tanah yang semakin mahal, maka kami harus membuat denah seefektif mungkin.

Dalam mendesain denah, Kami menggabungkan beberapa ruang yang memiliki keterkatiakn fungsi. Diantaranya adalah ruang inti rumah yang terdiiri dari ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Ruang inti kami desain dengan luasan yang lebih besar. Dan desain plafon yang tinggi membuat kesan lega pada ruangan. 

Akses rumah kami bagi menjadi dua. Akses utama melalui ruang tamu. Dan akses servis melalui dapur. Pembuatan 2 akses ini bertujuan untuk mempermudah pemilik rumah apabila ada acara. Atau apabila ada tamu penting, pemilik rumah dapat keluar masuk rumah tanpa rasa canggung.

Ruang inti merupakan ruang berkumpul anggota keluarga. Dimana anggota keluarga menghabiskan banyak waktu di ruang tersebut. Untuk menambah kesegaran ruang kami membuat bukaan lebar yang berorientasi pada taman belakang. 

 

Jasa Desain Rumah Online

Konsep Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai:

Konsep yang kami terpakan pada rumah 10×12 ini adalah efiseinsi ruang. Dimana kami mencoba membuat mezzanine pada loteng rumah. Karena atap nya tinggi, maka akan tercipta ruang sisa. Ruang kosong tersebut lebih baik dimanfaatkan untuk Mezzanine. Mezzanine atau lantai setengah dapat digunakan sebagai tempat bekerja. 

Kebutuhan ruang setiap keluarga berbeda-beda. Tergantung dengan aktivtias dan kegemaran yang disukai. Untuk Sahabat Griyaku yang  memiliki kegemaran atau pekerjaan di layar komputer. Desain rumah ini kami rasa cocok. Dengan Mezzanine yang kami jadikan ruang kerja. Pasti akan lebih nyaman dan terasa lapang.

Ruang kerja dengan konsep mezzanine, memungkinkan adanya interaksi dengan anggota keluarga di ruang inti. Tidak ada sekat yang membatasi, hanya railing saja sebagai pengaman. Ruang kerja yang tertutup akan terasa membosankan dan penat. Hal tersebut padat diatasi dengan konsep mezzanine ini.

potongan rumah 10x12 minimalis 1 lantai (1)

Rumah ini memiliki atap mriing satu sisi. Sehingga pada salah satu sisi nya dapat digunakan sebagai ventilasi udara. Kami desainkan boven yang tersusun di bawah atap. Selain untuk ventilasi, cahaya matahari akan maksimal di siang hari. Sehingga penggunaan listrik pun akan menjadi hemat.

potongan rumah 10x12 minimalis 1 lantai 2 1024x613 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Ruang inti kami desain berplafon tinggi. Dengan plafon miring mengikuti bentuk atap. Hal in bertujuan agar ruangan terkesan luas. Serta mempersejuk ruangan dikarenakan volume udara pada ruangan lebih besar. Terlebih lagi udara panas akan naik ke atas rumah. Penambahan boven sebagai ventilasi akan sangat membantu menyejukkan ruangan.

Interior Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Interior Ruang Inti

interior rumah 10x12 minimalis 4 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Akses tangga menuju lantai mezzanine. Pada sis bawah anak tangga dapat di jadikan sebagai rak penyimapan . Atau dapat pula dijadikan rak dekorasi ruangan.

interior rumah 10x12 minimalis 7 1024x576 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Ruangan Inti istilah yang desaing griyaku gunakan. Ruangan Inti terdiri dari ruang makan, dapur dan ruang keluarga. Ruang yang sering digunakan dalam aktivitas rumah. Oleh karena nya kami namakan ruang inti.

Ruangan didominasi warna putih, yang memberikan efek luas dan lapang. Sedikit aksen warna cream coklat kayu dan keramik dinding dapur. Pemilihan funiture lebih kearah minimalis. Dengan bentuknya yang simple tanpa banyak ornamen. Furniture yang simple juga memberikan efek lapang pada ruangan.

interior rumah 10x12 minimalis 6 1024x651 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Pada Ruang Keluarga aksen warna cokelat mendominasi. Unsur coklat membuat ruangan tampak natural dan terkesan hangat. Unsur Coklat dominan pada backdrop tv. Pemilihan perabot di ruang keluarga pun dipilih yang bermodel minimalis. Dengan warna-warna netral.

interior rumah 10x12 minimalis 1 1024x571 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Interior Ruang Tamu

interior rumah 10x12 minimalis 5 1024x646 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Sedikit berbeda dengan ruang inti. Ruang tamu lebih netral dengan warna-warna monokromatik. Monokromatik adalah warna yang memiliki kedekaatan. Warna biru keabu-abuan menjadi aksen ruangan.  Warna netral seperti putih dan abu-abu mendominasi ruangan. Sehingga ruangan terkesan minimalis dan modern.

Interior Ruang Tidur Utama

interior rumah 10x12 minimalis 2 1024x588 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Ruang Tidur utama lebih terkesan elegan dengan warna -warna cream dan cokelat. Pada sisi belakang tempat tidur digunakan walpappaer dengan motif garis-garis. Penmilhan perabot dengan warna coklat. Spray dan sarung bantal cenderung cream. Kombinasi tersebut membuat ruanga tampak elegan.

interior rumah 10x12 minimalis 3 1024x611 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Hampir sama dengan ruang keluarga. Back drop tv menggunakan lapisan HPL (high presure laminated) bermotif kayu. HPL merupakan materail sintesis yang memiliki banyak motif natural. Mengingat mahalnya kayu HPL dapat dijadikan solusi penggati kayu.

Interior Ruang Kerja

interior rumah 10x12 minimalis 8 1024x628 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Ruang kerja yang cukup luas. Dengan perabot yang didesain simple dan minimalis. Lantai ruang kerja ini dilapisi material vinil. Bukan kayu asli, namun lembaran yang menempel pada lantai. Vinil memiliki banyak motif selain itu harga nya yang realtif lebih murah dibandingkan parket kayu. 

interior rumah 10x12 minimalis 9 1 1024x576 - Rumah 10x12 Minimalis 1 Lantai

Terkadang sobat griyaku akan jenuh seharian bekerja di layar komputer. Oleh karena nya pada ruang kerja ini, kami berikan tempat istirahat berupa karpet untuk tiduran. Karpet kami pilih selain tidak memakan ruang, juga cocok dengan kebiasan orang Indonesia yang suka lesehan. 

Semoga artikel di atas dapat memberi manfaat. Jika sobat desain griyaku tertarik untuk mendesain rumah. desaingriyaku.com siap melayani jasa desain rumah online. 

Daftar Fasilitas Rumah 5x9 Split Level 2 Lantai

  • Rumah Pengembangan
  • Gaya Arsitektur                      : Minimalis 
  • Luas Lahan                              : 10x 12m atau 120 m²
  • Luas Lantai bangunan        :  96 m²
  • Jumlah Lantai                         :  1 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun    : Rp 288 – 384  juta. Dengan asumsi biaya Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur           : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 3 buah
  •                                     1 kamar tidur utama (lantai 1)
  •                                     2 kamar tidur anak (lantai 1)
  •  Kamar Mandi          : 2 buah
  •                                      1 kamar mandi  utama (lantai 1)
  •                                       1 kamar mandi umum (lantai 1)
  • Carport                   : 1 mobil
  • Taman  belakang
  • Ruang Inti (gabungan ruang dapur, ruang makan dan ruang keluarga)
  • Ruang Kerja  (lantai  mezzanine)

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

This Post Has 2 Comments

  1. sangat kereeennn

Tinggalkan Balasan

Close Menu