Rumah 5×9 Split Level 2 Lantai

Desain Eksterior Rumah 5x9 Split Level 2 Lantai

Assalamu’alaikum sobat desain griyaku. Desaingriyaku.com  kali ini akan membahas rumah 5×9 split level 2 lantai. Lebih tepatnya dengan ukuran 5,5 x 9,5. Termasuk dalam rumah dengan tipe  75/52.  Yang berarti  memiliki luas lahan 52 m² dan luas bangunan 75 m². Rumah ini mengusung gaya arsitekur minimalis kontemporer.

Sebelumnya kita cari tahu dahulu pengertian rumah split level. Rumah Split level atau Mezzanine merupakan rumah yang memiliki lantai tengah. Lantai tengah ini biasanya setinggi lantai 2 namun tidak menyeluruh diatas lantai bangunan.  Kata Mezzanine itu sendiri diambil dari bahasa Italia, mezzo yang berarti ditengah. Konsep inilah yang diaplikasikan pada rumah 5×9 kali ini. 

Rumah 5×9 split level 2 lantai ini terletak di lahan hook atau dipojok. Lokasinya pun berada pada lingkungan perkampungan yang cenderung memaksimalkan luas lahan. Keuntungan rumah berada di lahan hook adalah rumah akan memiliki 2 sisi tampak. Sehingga rumah akan lebih terlihat mencolok.  

 

desain rumah 5x9 split level hook

Untuk desain eksterior rumah, gaya minimalis kontemporer kami pilih. Gaya arsitektur minimalis menjadikan rumah tampak simpel dan ringan. Apalagi ditambah dengan pemaikan cat putih yang membuat rumah tampak lebih cerah. Permainan garis dan bidang mendominasi fasad rumah. Rumah ini menggunakan bukaan dengan ukuran yang bervariasi.  

Gaya arsitektur minimalis sangat terasa pada bentuk fasad bangunan yang cenderung kotak. Namun karena berada pada wilayah tropis, atap rumah harus dibuat miring. Dikarenakan curah hujan yang tinggi, bentuk atap datar kurang cocok diaplikasikan. Agar atap rumah tidak terlihat maka perlu dilaukan permainan dinding. Permainan dinding inilah yang membentuk fasad kotak pada rumah 5×9 ini.

desain rumah 5x9 split level hook

Denah Rumah 5x9 Split Level 2 Lantai

denah rumah 5x9 split level

Konsep Tata Ruang Rumah 5x9 Split Level 2 Lantai

Tata Ruang Rumah 5×9 ini dibagi berdasarkan privasi. Denah dibagi dalam 4 bagian area. Area publik, semi privat, privat dan servis. Untuk area publik berada pada lantai 1 tepatnya pada r.tamu dan caport. Area semi privat terletak di dapur dan ruang makan. Area privat terletak di lantai 2, pada ruang keluarga, dan ruang tidur. Sedangkan area servis terletak di lantai 2,5  untuk tempat cuci jemur. 

Rumah 5×9 ini termasuk rumah yang kecil. Sehingga perlu penaatan dan layout yang tepat . Penataan layout yang tidak maksimal akan membuat rumah akan terlihat sempit. Oleh karenanya saya pilih konsep split level agar rumah terkesan lebih lapang.

Dengan konsep split level rumah akan memaksimalkan sumbu z (tinggi) ruangan. Sehingga mengurangi space kosong pada rumah. Namun untuk wilayah tropis yang cenderung panas perlu penyiasatan dengan memaksimakan ventilasi udara.

rumah split level

Unguk menyiasati panas, saya mencoba membuat menara ventilasi. Udara panasa cenderung akan naik ke atas. Ketika udara ini tidak dikeluarkan maka suhu rumah akan panas. Oleh karenanya saya buatkan menara ventilasi ini, menari ini hanya terdiri dari lubang roster angin saja. 

Untuk memaksimalkan cahaya alami matahari. Kami mencoba mebuat atap yang terbuat dari bahan transaparan pada bagian menara ventilasi. Dengan konsep split level memungkinkan untuk menyebarkan cahaya secara merata keseluruh ruangan.

rumah split level

Rumah dengan split level akan memaksimalkan penggunaan ruangan. Namun tetap harus diperhatikan penampatan ruangannya. Khususnya penempatan kamar mandi. Sebisa mungkin letak kamar mandi harus sejajar. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah sistem plumbing air bersih maupun air kotor.

Konsep Split Level

Diatas merupakan isometri denah 3 dimensi. Gambar Isometri biasa digunakan untuk menjelaskan konsep ruangan dalam rumah. Pada rumah 5×9 berkonsep split level. Memiliki ciri khas tangga yang di bagi menjadi 2 bagian. Bagian bawah menggubungkan lantai 1 dengan lantai 1,5. Bagian atas menghubungkan lantai 1,5 dengan lantai 2. Dan berlanjut seterusnya.

Interior Rumah 5x9 Split Level 2 Lantai

interior rumah split level

Kosep interior yang diaplikasikan pada rumah 5×9 ini ialah minimalis. Dengan dominasi warna putih yang akan membuat ruangan akan terasa lebih lapang. Perabot yang dipilih pun harus yang simpel dan ringan. Pemilihan perabot yang kurang tepat akan membuat sempir ruangan.

Pada area ruang tamu kami berikan taman kering. Ruang sisa akan terbuang jika tidak dimanfaatkan. Olehkarena nya kami mencoba mebuat taman kering. Taman kering memiliki cir khas tamanan yang diletakkan pada pot dan penggunaan batu coral. Untuk menyegarkan suasana kami berikan tambahan kolam kecil.

interior rumah split level

Untuk area dapur dan makan, kami jadikan satu. Karena ruangan ini memilki keterkaiatn fungsi. Penggabungan ruang juga memberikan efek lapang pada ruangan. Area ini masih didominasi warna putih dan warna -warna yang cenderung netral seperti abu-abu dan coklat. Warna -warna ini merupakan ciri khas desain interior modern.

interior rumah split level

Pada area ruang tidur masih didominasi warna putih. Namun untuk memberikan kesan yang berbeda . Kami gunakan wallpaper dan spray tempat tidur dengan motif. Motif yang kami pilih memiliki warna yang cerah agar lebih selaras dengan warna putih.

interior rumah split level

Ini merupakan ruang keluarga yang terletak di lantai 2. Pada ruang keluarga ini kami gunakan warna biru sebagai aksen. Agar cahaya tidak terlalu silau kami gunakan kisi-kisi  pada jendela. Kisi-kisi ini menjadi secondary skin pada bangunan.

Dengan menggunakan konsep split level akan membuat jarak pandang semakin luas. Sehingga ruangan akan terasa lebih lapang.

Daftar Fasilitas Rumah 5x9 Split Level 2 Lantai

  • Gaya Arsitektur               : Minimalis
  • Konsep Rumah                : Split Level
  • Luas Lahan                       : 5,5 x 9,5 m atau 52 m²
  • Luas Lantai                       :  75 m²
  • Jumlah Lantai                  :  2,5 Lantai
  •  Perkiraan biaya Bangun : Rp 225 – 300 juta. Dengan asumsi biaya antara Rp 3-4 juta /m²
  • Pondasi dan Struktur       : beton bertulang
  •  Kamar Tidur           : 3 buah
  •                                     1 kamar tidur utama (lantai 2)
  •                                     2 kamar tidur anak (lantai 2)
  •  Kamar Mandi          : 2 buah
  •                                      1 kamar mandi umum (lantai 1)
  •                                       1 kamar mandi umum (lantai 2)
  • Carport                   : 1 mobil
  • Taman kering dalam ruangan

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

This Post Has 3 Comments

  1. saya senang dengan konsep desainnya. biaya design berapa ya? khususnya split level

    1. Terima kasih, telah mengunjungi website kami. Maaf slow respon untuk membalas, untuk rumah split level hitungannya sama dengan rumah biasa, yg dihitung luas /m2 nya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu