Desain Rumah di lahan Sempit

10 Konsep Desain di lahan Sempit

Assalamu’alaikum, kali ini Desain Griyaku Studio akan membahas 10 konsep desain rumah di lahan sempit. Pertumbuhan penduduk yang massif dan cepat membuat lahan di daerah perkotaan semakin terbatas. Oleh karena itu tentunya akan membuat harga tanah semakin mahal tiap tahunnya. Namun keinginan akan rumah tinggal bagi keluarga baru juga besar. Oleh sebab itu Kami mencoba mengulas desain rumah dengan memanfaatkan kondisi lahan yang sempit.

konsep desain rumah di lahan sempit 1024x768 - Desain Rumah di lahan Sempit

Pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai contoh model desain rumah di lahan sempit karya Desaingriyaku Studio.  Desain kali ini akan fokus ke pembahasan rumah dengan lebar 3 – 5 meter. Rumah dengan lebar seperti ini memang tidak akan di jumpai di lingkungan perumahan. Yang umumnya perumahan memiliki lebar minimum 6 meter. Yuk langsung saja kita bahas 10 konsep desain rumah di lahan sempit.

1. Minimalis dengan ornamen woodplank

rumah 4x12 minimalis 3 lantai 768x768 - Desain Rumah di lahan Sempit

Kita mulai dari rumah yang dibangun di lahan 4 x 12 ini. Rumah ini berlokasi di Jakarta. Pemilik rumah memiliki kebutuhan ruang yang cukup banyak .Pemilik rumah sendiri sudah berkeluarga sehingga membutuhkan 3 kamar tidur.  Karena lahan nya terbatas maka kami mencoba untuk membuat desain rumah bertingkat 3. 

Desain fasad rumah ini menggunakan konsep minimalis. Sehingga tidak banyak ornamen dan terkesan kotak – kotak. Agar tampilan bangunan lebih menarik kami menggunakan perpaduan batu alam andesit dan woodplank. Warna woodplank yang terang menjadikan tampilan rumah semakin estetik.

2. Scandinavian warna Pink

eni14c - Desain Rumah di lahan Sempit

Masih berlokasi di Jakarta rumah berukuran 5 x 14 meter ini menggunakan gaya arsitektur Scandinavian. Namun ada yang menarik dari desain Rumah Scandinavian ini. Pemilik rumah menginginkan warna Pink sebagai warna dasar eksterior rumah. Agar senada dengan konsep warna pink, kami tambahkan gunakan warna putih sebagai warna kusen pintu jendela dan list ornamen. Kami juga menggunakan material batu alam dan bata ekspos putih untuk mempercantik tampilan fasad bangunan.

3. Tampil Modern dengan warna biru

Rumah 5 x 15 minimalis 2 lantai - Desain Rumah di lahan Sempit

Selanjutnya adalah rumah yang berukuran 5 x 15 meter. Rumah ini memang hanya menggunakan permainan warna cat dinding saja. Tujuannya agar bisa lebih hemat biaya Pembangunan. Cat dasar kami pilih warna biru agar memberikan suasana segar apabila dilihat. 

Model rumah nya kami desain agar terkesan modern dimana atap bangunan tidak terlihat dari depan. Jadi terlihat lebih modern dan estetik. Untuk menyiasati lebar yang sempit, kami mencoba mendesain dengan bidang yang lebar. 

4. Estetik dengan aksen Hijau

rumah 3 x 11 minimalis 2 lantai - Desain Rumah di lahan Sempit

Rumah di lahan sempit berikutnya adalah rumah berukuran 3.5  x  11 meter. Dengan ukuran luas lahan yang kecil, rumah ini mampu memiliki 3 kamar tidur. Tentu saja ukuran nya kamar nya tidak seluas ukuran kamar pada umumnya. 

Kemudian pada fasad bangunan kami gunakan warna hijau untuk warna aksen bangunan. Kami juga membuat bidang tembok yang di beri nat tali air berbentuk kotak – kotak.  Tujuan agar rumah tidak terkesan sempit. Selain warna hijau kami anjurkan untuk menggunakan warna-warna terang agar tampilan rumah terkesan luas.

5. Mini house berkonsep etnik tropis

rumah 5 x6 etnik tropis - Desain Rumah di lahan Sempit

Berbeda dengan desain sebelumnya desain rumah kali ini berukuran 5 x 6. Atau bisa disebut dengan type 30. Rumah ini diperuntukkan untuk pasangan yang baru menikah atau bisa juga untuk sobat griyaku yang masih bujang. Dimana hanya terdapat 1 kamar tidur. 

Desain rumah ini menerapkan konsep etnik tropis. Dimana ciri etnik dapat terlihat dari pemakaian dinding bata ekspos, genteng tanah liat dan lantai teraso teras. Sedangkan konsep tropis bisa dilihat dari bukaan yang cukup banyak.

6. Terlihat mewah di lahan sempit

klinik kecantikan 4 x 13 minimalis - Desain Rumah di lahan Sempit

Selanjutnya desain bangunan di lahan 4 x 13 meter. Desain bangunan ini memang difungsikan sebagai klinik kecantikan oleh klien kami. Namun untuk model tampak depan bangunan masih dapat dijadikan sumber referensi dan inspirasi. Khususnya bagi Sobat Griyaku yang memiliki ukuran tanah serupa.

Walaupun di lahan yang sempit bangunan ini masih terlihat mewah. Karena kami menggunakan material ACP laser cutting dan batu granit tile. Yang kami kombinasikan dengan warna cat dasar pink. Dengan komposisi ornamen yang pas membuat rumah menjadi tampak lebih elegan dan mewah.

 

7. Sedernahan dengan Atap Pelana

rumah 4 x 13 minimalis 2 lantai - Desain Rumah di lahan Sempit

Dalam dunia arsitektur memang ada rumah dengan gaya minimalis. Namun ternyata dalam kehidupan nyata, ada sebagian orang yang menerapkan gaya hidup minimalis. Desain rumah 4 x 13 ini memang kami desain sederhana seminimalis mungkin. Desain kali ini mungkin cocok Bagi sobat Griyaku yang menerapkan gaya hidup minimalis.

Pada fasad depan rumah hanya menggunakan warna cat dasar putih dan abu-abu. Untuk mempercantik tampilan depan rumah kami gunakan tambahan material penutup dinding batu alam Palimanan. Lalu pada bagian atap memiliki model atap pelana yang selaras dengan konsep sederhana.

8. Kombinasi warna monokromatik biru

rumah 5 x14 minimalis 2 lantai - Desain Rumah di lahan Sempit

Desain Rumah 5 x 14 meter kali ini mengusung konsep minimalis. Sehingga akan menggunakan permainan bidang saja untuk tampilan fasad bangunannya. Untuk Fasad bangunan nya kami gunakan warna monokromatik biru. Warna monokromatik sendiri adalah warna-warna yang masih berada dalam satu gradisai warna. 

9. Elegan dengan konsep Scandinavian

rumah 4 x 11 scandinavian - Desain Rumah di lahan Sempit

Rumah ini memiliki ukuran 4 x 11 atau 44 m2. Dengan luasan yang sempit, rumah ini hanya muat untuk menampung parkir sepeda motor saja. Dengan lebar 4 meter, kami mencoba membuat tampilan rumah tampak lebih lapang. Caranya dengan membuat desain rumah tanpa sekat. Serta juga dengan menggunakan mezzanine, agar tidak ada pembatas antar ruang atas dan ruang bawah.

Konsep rumah yang kami usung pada desain kali ini adalah scandinavian. Rumah ini memiliki model atap pelanan dengan buangan air hujan ke samping. Kemudian agar lebih elegan kami tambahkan vegetasi di atas kanopi teras.

10. Putih Bersih Atap Limasan

rumah 5 x 24 tropis minimalis - Desain Rumah di lahan Sempit

Desain kali ini berdiri di lahan 5 x 24 meter persegi. Dengan luasan 120 meter persegi sebetulnya sudah termasuk ke dalam rumah berukuran sedang. Tetapi karena lebar bangunan sempit, membuat bentuk desain rumah ini memanjang ke belakang. 

Terkadang tidak semua orang ingin memiliki rumah yang tampil mewah. Seperti halnya contoh desain kali ini dimana Klien Kami menginginkan bentuk desain tampak rumah yang sederhana. Oleh sebab itu kami mencoba membuat desain rumah tanpa ornamen tambahan. Kami pilihkan warna putih tujuan nya agar bangunan terkesan lebih bersih dan lapang.Agar tidak terlihat monoton, Kami gunakan kusen pintu jendela serta railing tangga bewarna coklat. 

Kemudian untuk model atap menggunakan atap berbentuk limasan. Dengan material genteng beton bewarna abu-abu tua. Warna-warna gelap pada atap akan kontras dengan warna dinding yang putih, membuat tampilan rumah menjadi lebih estetis.

 

Demikian artikel 10 konsep desain rumah di lahan sempit dari kami. Semoga dapat memberi manfaat sebagai sumber referensi dan inspirasi. Jika Sobat Griyaku tertarik untuk mendesain rumah kami Desaingriyaku Studio siap melayani jasa desain rumah online. Terima kasih, wassalamu’alaikum.

kaga kencana

Saya merupakan designer rumah tinggal. Lulusan dari Universitas Diponegoro. Berkarir di dunia design sejak 2015.

This Post Has 2 Comments

  1. Dindin Solehudin

    Desain rumah di lahan sempit dari Desaingriyaku Studio sangat menginspirasi! Dari konsep minimalis hingga estetik dengan aksen hijau, setiap desain menciptakan tampilan yang unik dan fungsional. Sangat kreatif dan adaptif terhadap keterbatasan lahan. Keren!

Tinggalkan Balasan